Affiliate Program ”Get Money from your Website”

Rahasia Terpenting dalam Membangun Analisa Fundamental

Semua trader mempunyai keinginan mendapatkan insight untuk mengalahkan supremasi kekuatan market. Pertanyaannya adalah, dari sekian banyak info yang beredar di market setiap harinya, manakah yang benar – benar bermakna?
Namun bila anda adalah investor yang ingin menerjemahkan info market yang didapat setiap harinya menjadi suatu bagian analisa fundamental yang solid, maka artikel ini cocok untuk anda.
Anda tidak perlu menjadi suatu ahli statistik atau profesor doktor ekonomi untuk mulai belajar analisa fundamental, namun ini lebih ditekankan kepada pengaplikasian secara praktek.

Warning:
Artikel ini sedikit agak panjang, tapi kami harap anda enjoy untuk membacanya.
Let’s begin!! :)
Pada dasarnya, pergerakan harga yang terjadi di market mempunyai alasan tertentu. Analisa fundamental mengumpulkan informasi mengenai profit, management ability, kekuatan industri, dan yang terpenting adalah supply and demand.
Kebanyakan investor menggunakan analisa fundamental daripada metode-metode yang lain, selebihnya menggunakan analisa teknikal.
Baik analisa fundamental maupun teknikal, keduanya menggunakan trend. Fundamental menggunakan data-data ekonomi untuk memprediksi hasil kedepan, sedangkan teknikal menggunakan pola visual chart (mengabaikan prinsip supply and demand).
Analisa teknikal beserta indikatornya pada dasarnya mempunyai sifat untuk jangka pendek, sedangkan analisa fundamental adalah suatu alat yang sangat penting untuk memprediksi prospek jangka panjang namun TIDAK untuk memprediksi pergerakan chart setiap hari.

Market tidaklah logis

Market adalah “sarang” dari suatu gosip, bisikan / rumor, dan tingkah laku tersebut tidak rasional. Kita ambil suatu contoh yang menarik dalam skala kecil. Hasil positif atau negatifnya suatu prediksi hanyalah persepsi market dalam jangka pendek yang cenderung mengabaikan nilai dari data sebenarnya. Hal ini yang perlu dipahami oleh para trader yang menggunakan analisa fundamental agar tetap mengedepankan nilai logika terhadap segala info yang diterima.
Para investor jangka panjang percaya bahwa, investasi dalam jangka panjang akan menghasilkan profit yang konsisten. Investasi jangka pendek atau harian mungkin akan sangat menarik untuk hari ini, namun tidaklah mempunyai info dan nilai untuk keputusan investasi jangka panjang.
Kegairahan market setiap harinya mempunyai kesamaan dengan apa yang dilakukan para jurnalis media. Mereka “membanjiri” surat kabar dan televisi dengan berita – berita mengenai market yang selalu sensasional. Hal ini tanpa kita sadari membuat kita setiap harinya selalu tertarik dengan market, dan terus berkompetisi dengan para pelaku pasar lainnya.
rahasia analisa fundamental
Berita yang terjadi hari ini mungkin tidak mempunyai value dalam jangka panjang. Hal itu hanyalah suatu “kepingan” dari suatu puzzle yang ketika disatukan akan menghasilkan gambaran komplit dari suatu trend. Suatu kepingan dari berita hari ini tidak dapat diartikan secara langsung untuk membuat keputusan trading / investasi, namun bagaimana suatu kepingan tersebut cocok dengan gambaran besar yang ada.

Apa goal anda?

Keputusan untuk melakukan trading hari ini dan menahan posisi sampai esok hari atau 10 tahun kemudian harus mempunyai tujuan / goal yang bijaksana. Para investor / trader jangka panjang biasanya mempunyai goal secara spesifik, misalnya untuk menyekolahkan anak-anak kita. Dan pilihan investasi sangatlah banyak, dari forex, index dan komoditi.
Sedangkan investor / trader jangka pendek mungkin lebih tertarik terhadap kegairahan yang terjadi saat melakukan trading – melakukan buy / sell setiap harinya – dan cenderung tidak berkomitment untuk mempunyai target dalam 5 atau 10 tahun kedepan.
Namun di luar kedua hal itu, yang terpenting adalah, kita semualah yang harus menentukan kategori manakah yang cocok dengan tingkah laku kita.

Test your awareness

Untuk membangun analisa fundamental yang solid, para investor harus memahami tentang “keisengan” market setiap harinya, ramainya “perlombaan” para analis yang memberikan prediksi, serta tingkah laku harga setiap harinya.
Satu hal yang perlu diingat, market tidaklah logis, dan hampir selalu bertindak secara berlebihan (over-reacted). Dengan mengikuti gambar fundamental yang komplit dan menahan “godaan” market setiap harinya, kita dapat terus melihat kedepan ketika sebagian yang lain tidak melihatnya.

Enjoy :)
Bagaimana pengalaman anda dalam membaca suatu news / berita ekonomi? Mampukah anda mengaplikasikannya kedalam trading? Mari berbagi disini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar